Kamis, 28 Mei 2015

TEORI EKONOMI MIKRO : TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN: TEORI NILAI GUNA

Share Bab 7 (Akhirnya selesaii) :)


Konsep
Penyebab konsumen membeli lebih banyak pada harga yang rendah, dan sebaliknya 
Konsumen menentukan jumlah dan komposisi barang yang dibeli dari pendapatan yang diperoleh 

Ada dua pendekatan
1. Pendekatan nilai guna (Utiliti) kardinal 
Yaitu kenikmatan konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif 
2. Pendekatan nilai guna (Utiliti) ordinal
Yaitu kenikmatan konsumen tidak dapat dinyatakan secara kuatitatif 

Teori nilai guna (Utiliti)
Semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi pula utiliti – nya 
Niali guna ada dua:
1. Nilai guna total 
adalah jumlah seluruh kepuasan 
2. Nilai guna marginal
adalah pertambahan kepuasan sebagai akibat pertambahan penggunaan satu nilai barang 
  
Hipotesa utama dalam nilai guna
Hukum nilai guna yang semakin menurun 

Hukum Utilitas Marjinal yang Semakin Menurun
Ketika jumlah suatu barang yang dikonsumsi meningkat, utilitas marjinal dari barang tersebut cenderung semakin berkurang. 

Utilitas Total dan Utilitas Marginal








PEMAKSIMUMAN NILAI GUNA
Setiap orang akan berusaha untuk memaksimumkan kepuasan yang dapat dinikmatinya.
Tingkat itu dicapai pada waktu nilai guna total mencapai tingkat maksimum.

SYARAT PEMAKSIMUMAN NILAI GUNA SECARA ALJABAR

Contoh
Seorang konsumen ingin membeli makanan dan pakaian. Harga makanan adalah 
Rp 600 dan sehelai pakaian berharga Rp. 6000. misalkan pendapatan konsumen 
Adalah Rp.27.000 , berapa banyak makanan dan pakaian yang akan dibelinya 
Untuk memuaskan kepuasannya 


Teori nilai guna dan teori permintaan
Efek Substitusi 
q Ketika harga yang lebih tinggi menyebabkan substitusi barang-barang lain untuk memenuhi kepuasan. 
Efek Pendapatan 
q Peningkatan harga menurunkan pendapatan riil dan mengurangi konsumsi terhadap komoditas yang diinginkan. 

Paradoks nilai
Air adalah barang yang sangat fital dalam kehidupan manusia. Tetapi air harganya murah (ditempat yang makmur) karena  biaya yang dibutuhkan rendah 
Berlian adalah barang yang tidak vital dalam kehidupan manusia. Tetapi berlian harganya mahal karena biaya yang dibutuhkan untuk memproduksinya sangat mahal  

Surplus konsumen
Yaitu kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen 
contoh diperkirakan harga durian Rp 15.000
tetapi kenyataanya hanya Rp 10.000

dengan demikian terjadi surplus konsumen sebesar Rp 5000




Semoga Bermanfaat,,

Salam,, :)

3 komentar:

PRILAKU KONSUMEN : Segmentasi Pasar

Yukk, Lanjut ke Bab 3,, :D Segmentasi Pasar : Proses membagi pasar potensial menjadi kelompok konsumen yang berbeda beda dan memilih sat...