Senin, 10 April 2017

PRILAKU KONSUMEN : Keaneka Ragaman Dalam Pasar

Share Bab 1, mumpung ada bahan yang bisa di upload, hehehe,,

Pendahuluan
Pemasaran Abad 21:
Pasar Global menjadi Diversity
  1. Konsumen: Umur, jenis kelamin, Pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, kegiatan, minat, kelebih sukaan, etc
  2. Produsen: mass merchendiser, toko diskon, toko murah, online catalog & online shopping, etc
3.      Periklanan: Media Televisi, Media Cetak, Web internet, etc
Bagaimana pemasar mengetahui siapa yang harus dibidik, dimana dan bagaimana menempatkan mereka dan pesan apa yang efektif???

Konsep Pemasaran
“ Konsep Pemasaran merupakan filsafat pemasaran yang berorientasi ke konsumen, dimana kebutuhan dan keinginan para konsumen menjadi fokus perusahaan yang utama”
      Untuk sukses, perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginanberbagai target pasar tertentu dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada pesaing!
Ada 3 konsep penting yaitu :
1.      Konsep Produksi
2.      Konsep Penjualan
3.      Konsep Pemasaran

Jenis Konsumen
  1. Konsumen Perorangan: Konsumen yang membeli barang & jasa untuk pemakaian sendiri, rumah tangga atau kado utk teman à Pemakaian Akhir Oleh Perorangan
  2. Konsumen Bisnis: Konsumen dari Perusahaan baik Laba maupun nirlaba, badan pemerintah dan lembaga yang membeli produk, peralatan dan jasa untuk menjalankan organisasi mereka

Pemasaran Yang Fokus Pada Pelanggan










Riset Konsumen: Identifikasi  berbagai Persamaan & hal-hal Konstan Konsumen

Pengertian Studi Perilaku Konsumen
Menurut Schiffman & Kanuk:
“Perilaku Konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen ketika mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka”

Model Pengambilan Keputusan




















Etika Pemasaran
1. Teori Teleologi
  • Berkaitan dengan nilai moral atas perilaku yang ditentukan besarnya nilai tersebut berdasarkan akibatnya
  • “Yang terbaik bagi kebanyakan orang”
  • Berdasarkan Analisis Cost Benefit
2. Teori Deontologi:
      “Jangan lakukan terhadap orang lain apa yang tidak anda inginkan dilakukan orang lain terhadap anda (atau orang yang anda cintai)

Etika & Tanggung Jawab Sosial
“Kebanyakan perusahaan mengakui bahwa kegiatan  yang bertanggung jawab sosial dapat memperbaiki citra mereka di mata konsumen, pemegang saham, masyarakat keuangan dan publik”

Lingkungan Perusahaan, Budaya Organisasi & Falsafah Perusahaan Menentukan Perilaku Etis Karyawan Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRILAKU KONSUMEN : Segmentasi Pasar

Yukk, Lanjut ke Bab 3,, :D Segmentasi Pasar : Proses membagi pasar potensial menjadi kelompok konsumen yang berbeda beda dan memilih sat...