Share Bab 1, mumpung ada bahan yang bisa di upload, hehehe,,
Pendahuluan
Pendahuluan
Pemasaran Abad 21:
Pasar Global menjadi Diversity
- Konsumen: Umur, jenis kelamin, Pendidikan, pekerjaan, status
perkawinan, kegiatan, minat, kelebih sukaan, etc
- Produsen: mass merchendiser, toko diskon, toko murah, online
catalog & online shopping, etc
3. Periklanan: Media Televisi, Media Cetak, Web internet,
etc
Bagaimana
pemasar mengetahui siapa yang harus dibidik, dimana dan bagaimana menempatkan
mereka dan pesan apa yang efektif???
Konsep Pemasaran
“ Konsep Pemasaran merupakan filsafat pemasaran yang
berorientasi ke konsumen, dimana kebutuhan dan keinginan para konsumen menjadi
fokus perusahaan yang utama”
•
Untuk sukses,
perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginanberbagai target pasar
tertentu dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada pesaing!
Ada
3 konsep penting yaitu :
1. Konsep
Produksi
2. Konsep
Penjualan
3. Konsep
Pemasaran
Jenis Konsumen
- Konsumen Perorangan: Konsumen yang membeli barang & jasa untuk pemakaian sendiri,
rumah tangga atau kado utk teman à Pemakaian Akhir Oleh Perorangan
- Konsumen Bisnis: Konsumen dari Perusahaan baik Laba maupun nirlaba, badan pemerintah dan lembaga yang membeli produk, peralatan dan jasa untuk menjalankan organisasi mereka
Pemasaran Yang Fokus Pada Pelanggan
Riset
Konsumen: Identifikasi
berbagai Persamaan & hal-hal Konstan Konsumen
Pengertian Studi Perilaku Konsumen
Menurut Schiffman & Kanuk:
“Perilaku Konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan
oleh konsumen ketika mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang
produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka”
Model Pengambilan Keputusan
Etika Pemasaran
1. Teori Teleologi
1. Teori Teleologi
- Berkaitan dengan nilai moral atas perilaku yang ditentukan besarnya nilai tersebut berdasarkan akibatnya
- “Yang terbaik bagi kebanyakan orang”
- Berdasarkan Analisis Cost Benefit
2. Teori Deontologi:
•
“Jangan lakukan
terhadap orang lain apa yang tidak anda inginkan dilakukan orang lain terhadap
anda (atau orang yang anda cintai)
Etika & Tanggung Jawab Sosial
“Kebanyakan perusahaan mengakui bahwa kegiatan yang bertanggung jawab sosial dapat
memperbaiki citra mereka di mata konsumen, pemegang saham, masyarakat keuangan
dan publik”
Lingkungan
Perusahaan, Budaya Organisasi & Falsafah Perusahaan Menentukan Perilaku Etis Karyawan Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar