Share Bab 2 : )
Paradigma Riset Konsumen
Paradigma Riset Konsumen
•
Merupakan
perluasan bidang riset pemasaran yang menfokuskan pada perilaku konsumen
•
Riset konsumen
memungkinkan pemasar meramalkan bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap
aktivitas pemasaran
•
Riset Konsumen
digunakan untuk memahami cara konsumen mengambil keputusan pembelian
•
Para konsumen
tidak selalu sadar mengetahui mengapa mereka mengambil keputusan yang mereka
lakukan
Metodologi Riset
1. Riset Kuantitatif
- Dikenal juga sebagai positivisme
- Bersifat deskriptif
- Terdiri dari Eksperimen, Teknik survei dan observasi
- Untuk memahami pengaruh berbagai masukan promosi terhadap konsumen sehingga pemasar mampu meramalkan perilaku konsumen
- Data yang dikumpulkan adalah kuantitatif
2. Riset
Kualitatif
- Dikenal juga sebagai intrepretivisme
- Terdiri dari indepth interview, Focus Group, Analisis Kiasan, Riset Kolase dan teknik proyeksi
- Fokus pada tindakan menkonsumsi daripada tindakan membeli (menemukan sisi gelap konsumen)
- Teknik ini digunakan untuk memperoleh berbagai gagasan baru
Perbandingan antara Positivisme & Interpretivisme
Proses Riset Konsumen
Menyusun Tujuan riset
•
Para manajer
& peneliti penting untuk menyepakati dari awal maksud dan tujuan studi agar
rancangan riset tepat
•
Jika maksud
studi mencari gagasan baru maka
perlu studi kualitatif
•
Jika Studi untuk
mengetahui berapa orang dalam populasi yang menggunakan produk , seberapa
sering menggunakannya, maka perlu studi kuantitatif
Mengumpulkan Data Sekunder
•
Informasi
sekunder adalah setiap data yang awalnya dihasilkan untuk tujuan tertentu yang
berbeda dengan tujuan riset sekarang
•
Contoh: sensus
perumahan dan penduduk, sensus data mengenai umur, pendidikan, pekerjaan,
penghasilan, biaya sewa dll
•
Sumber-Sumber:
- Sumber Internal Perusahaan: laporan laba rugi, neraca, data
penjualan catatan persedian , etc
- Publikasi Pemerintah: data sensus
- Majalah & Buku
- Data Perniagaan: AC Nielsen, Frontier dll
• Riset yang dilakukan oleh para peneliti perorangan atau organisasi untuk memenuhi tujuan khusus
• Rancangan Riset Primer didasarkan pada tujuan studinya
•
Informasi
Deskriptif à
Kuantitatif
•
Memperoleh
gagasan Baru à
Kualitatif
Rancangan Penelitian Kuantitatif
•
Metode
Pengumpulan Data
•
Rancangan Sampel
•
Pembuatan alat
Pengumpulan data
Metode Pengumpulan data (Kuantitatif)
- Penelitian Observasi: metode riset dengan cara memperhatikan konsumen selama proses
membeli dan selama menggunakan produk
- Eksperimentasi: Perancangan riset dengan perencanaan kondisi untuk mengenali sebab
dan pengaruhnya (Causal research)
- Survei: Metode riset dengan cara melakukan pertanyaan di lapangan kepada konsumen mengenai berbagai pilihan pembeliannya, ie: Pos, telepon, Wawancara perorangan, Online
Instrumen Pengumpulan data (Kuantitatif)
•
Instrumen
Pengumpulan data perlu diuji dahulu untuk menjamin validitas &
reliabilitas studi riset
•
Validitas: instrumen mampu mengumpulkan data yang tepat
•
Realibilitas: Instrumen apabila pertanyaan yang sama , ditanyakan
pada sampel yang serupa, menghasilkan kesimpulan yang sama
Jenis-Jenis Instrumen:
- Kuisioner
- Daftar Pernyataan
- Skala Sikap (Skala Likert, Skala Semantik, Skala urutan Menurut Peringkat
Metode Pengumpulan Data (Kualitatif)
- In depth Interview
- Focus Group
- Teknik Proyektif
- Analisis Metafora
Penentuan Sampel
•
Siapa yang akan
di survei? (Unit sampel)
•
Berapa orang
yang akan disurvei? (Penentuan Ukuran sampel)
•
Bagaimana
Menyeleksi Sampel ? (Prosedur Penentuan Sampel)
Penentuan sampel:
- Sampel Probabilitas
- Sampel NonProbabilitas
Rancangan
Penentuan Sampel Probablitas dan Non Probablitas
Pengumpulan Data
•
Studi
Kuantitatif à
Staf lapangan
•
Studi Kualitatif
à
Para pakar ilmu pengetahuan sosial yang terlatih
Pemasar perlu memastikan apakah data
benar-benar telah diperoleh
Analisis & Persiapan Pelaporan
•
Studi Kualitatif
à
moderator atau pelaksana tes menganalisis semua jawaban yang diterima
•
Studi
Kuantitatif à
Semua jawaban diubah menjadi kode dan diukur à ditabulasikan à dianalisis dengan menggunakan program analisis
statistik
•
Isi laporan:
Metodologi, tabel, grafik, kuisoner
Ijin sedot buat tugas
BalasHapusSalam www.webillian.com